Capaian Pembelajaran (Learning Outcome) dan Subcapaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (Learning Outcome) dan Subcapaian Pembelajaran

Status Akreditasi beserta Badan Akreditasinya :

Terakreditasi A, SK BAN PT No. 1262/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2015 tanggal 29 Desember 2015, masa berlaku 29 Desember 2015—29 Desember 2020

Nama gelar    : S.Hum. (Sarjana Humaniora)

Capaian pembelajaran Program Studi Sastra Indonesia tidak hanya mengacu pada Visi, Misi, dan Profil Lulusan, tetapi juga mengacu tuntutan capaian pembelajaran yang ditentukan oleh KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) yang dikeluarkan oleh DIKTI.

1  SIKAP

  1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Memiliki moral, etika, dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya.
  3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia.
  4. Siap bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan original orang lain.
  6. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa dan masyarakat luas.
  7. Memiliki kemampuan memimpin dan bekerja sama serta peduli terhadap masalah-masalah humaniora.
  8. Menghayati nilai, norma, dan etika akademik.
  9. Memiliki kemandirian dan berjiwa wirausaha.

2  KETERAMPILAN UMUM

  1. Mampu menerapkan pemikiran sistematis, kritis, kreatif, inovatif, dan humanis dalam konteks pengembangan ilmu pengetahuan.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengumpulkan, menganalisis, dan menyajikan hasil analisis bahasa dan sastra secara benar dalam bentuk skripsi, dan mengunggahnya di laman perguruan tinggi.
  4. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  5. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat, baik di dalam maupun di luar lembaganya.

3 KETERAMPILAN KHUSUS

  1. Mampu mengidentifikasi, mengklasifikasi, dan mensistematisasi masalah-masalah kebahasaan dan kesastraan Indonesia yang berkembang di masyarakat.
  2. Mampu merumuskan berbagai alternatif pemecahan masalah dalam bidang kebahasaan dan kesastraan Indonesia sebagai dasar untuk memahami persoalan kemanusiaan.
  3. Mampu melakukan komunikasi dengan menggunakan media bahasa dan sastra Indonesia.
  4. Mampu melakukan penelitian dengan menggunakan konsep teoretis dan metode penelitian.
  5. Mampu menganalisis masalah-masalah kebahasaan dan kesastraan Indonesia dengan menggunakan berbagai teknik analisis bahasa dan sastra.
  6. Mampu berkreasi di bidang bahasa dan sastra Indonesia.

4 PENGETAHUAN

  1. Menguasai konsep teoretis kebahasaan dan kesastraan Indonesia.
  2. Menguasai dasar-dasar pengetahuan untuk berkreasi di bidang kebahasaan dan kesastraan Indonesia.
  3. Menguasai dasar-dasar metode penelitian kebahasaan dan kesastraan Indonesia.
  4. Menguasai teknik-teknik penerapan konsep-konsep kebahasaan dan kesastraan untuk meningkatkan pemahaman mengenai identitas keindonesiaan.

 5 DESKRIPSI JENJANG KUALIFIKASI KKNI LEVEL 6 (S1)

Berikut ini adalah  deskripsi jenjang kualifikasi KKNI level 6 yang setara dengan S1.

  • Mampu memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah;
  • Menguasai konsep teoretis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoretis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikanpenyelesaian masalah procedural;
  • Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok;
  • Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

Kata kunci: a) memanfaatkan, b) beradaptasi, c) menguasai konsep teoretis,  d) memformulasikan, e) mengambil keputusan, f) memberikan petunjuk, dan  g) bertanggung jawab.